Sabtu, 23 Maret 2013

Pengertian Multimedia

Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.  Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).

Menurut beberapa ahli, pengertian multimedia adalah sebagai berikut :
  • Menurut Hofstetter (2001, p2) multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks, grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi dan berkomunikasi dengan komputer.
    Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4 komponen yang penting lainnya, yaitu :  
    - Adanya komputer untuk mengatur apa yang akan kita lihat dan didengar, dan apa yang akan berinteraksi dengan penggunanya 
    - Adanya link-link yang menghubungkan informasi-informasi yang tersedia 
    - Adanya tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia 
    - Adanya prosedur bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan informasi dan ide-idenya.
  • Menurut Steinmetz (1995, p2) yang dimaksud dengan multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya suara dan video. 
  •  Menurut Vaughan (2004, p1) multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital. 
  • Menurut Jeff Burger (1993, pix), deskripsi teknik multimedia adalah gabungan dua atau lebih media yang berbeda pada PC. Media- media itu terdiri dari teks, grafik, animasi, ucapan, musik dan video.

Jadi multimedia merupakan suatu aplikasi yang dibangun melalui penggabunganbeberapa media seperti teks, grafik, animasi dan suara untuk menyajikan suatuinformasi.
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

Pengertian lain Multimedia
Kata “Multimedia” secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengkomunikasikan lebih dari satu cara.
Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu :
  • Multimedia adalah media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton.
  • Multimedia adalah Sebuah kombinasi dari bermacam-macam media termasuk suara, animasi, video dangrafis. 
  • Multimedia adalah komunikasi yang menggunakan berbagai kombinasi dari media yang berbeda, dengan atau tanpa menggunakan komputer, dimana termasuk penggunaan tulisan (text), suara, musik, gambar, animasi, dan video. 
  • Multimedia adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemen elemen seperti: tulisan (text), grafis, animation, fullmotion images, still video images, dan sound.
  • Multimedia adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemen elemen seperti: tulisan (text), grafis, animation, fullmotion images, still video images, dan sound.
  • Multimedia adalah gabungan alat-alat teknik seperti komputer, memori elektronik, jaringan informasi, dan alat-alat display yang dapat menyajikan informasi melalui berbagai format seperti teks, gambar nyata atau grafik, dan suara melalui multi saluran sensorik.  
  • Multimedia adalah perpaduan harmoni santara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran).
  • Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungka nteks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. 
  • Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
  • Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
  • Multimedia adalah komputer informasi yang dapat ditampilkan dengan gambar dan atau animasi, teks, grafik dan audio (steinmetz dan Nahrstedt, 1995, p1) 
  • Multimedia adalah kombinasi dari teks, suara, animasi, seni gambar dan videoyang disampaikan kepada kita dengan menggunakan komputer (Vaughan, 1993, p4). 
  • Multimedia diartikan sebagai piranti lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam komunikasi dengan pemakai, seperti adanya pemakaian grafik, teks, suara dan video (Tway, 1992, p7). 
  • Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002).  
  • Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasika nteks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001) 
  • Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. 
  • Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007) 
  • Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
  • Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008) 
  • William Ditto (2006) menyatakan definisi multimedia dalam ilmu pengetahuan mencakup beberapa aspek yang saling bersinergi, antara teks, grafik, gambar statis, animasi, film dan suara.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektoratau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar