Konsep
Dasar
Multimedia
Yang Meliputi:
Teori
Multimedia
Multimedia
adalah kombinasi dari komputer dan video atau secara umum merupakan
kombinasitiga elemen yaitu suara, gambar, dan teks atau kombinasi dari yang
sedikit dua media inputatau outputdari data yang berupa audio
(suara dan musik). Istilah multimedia berawal dari teater, bukankomputer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukanmultimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard olehApplepada
tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak AudioVisual Connection (AVC)
dan video adhapter card ps/2.
Pengertian
Multimedia
Multi-banyak,
Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.Suatu sistem yang terdiri
dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti
televisi,monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang
dimaksudkan untuk menghasilkanpenyajian audio visual yang utuh.
Beberapa
pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
a.
Multimedia secara umum merupakan
kombinasi 3 elemen yaitu suara, gambar dan teks
b.
Multimedia adalah kombinasi dari paling
sedikit 2 media input atau output dari data, media inidapat audio (suara,
musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar
c.
Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yangmengkombinasikan teks
grafik, animasi, audio dan gambar video
d.
Multimedia adalah pemanfaatan komputer
untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,audio, gambar bergerak (video dan
animasi) dengan menggabungkan link dan tool yangmemungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
Tujuan Multimedia
a.
Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
b.
Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi
pemakai
c.
Merangsang panca indra karena bersifat visualisasi
d.
Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi
pemakai pemula
Kelebihan
Multimedia
Dari
berbagai media informasi, multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang
tidak dapatdigantikan oleh penyajian media informasi lainya.Kelebihan dari
multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan
gabunganantara pandangan, suara dan gerakan.
Komponen
Multimedia
Menurut
James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element
multimedia,seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
a. Teks
Bentuk data
multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks
dapatmembentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
Audio berarti “suara” atau “reproduksi suara”. Dalam ilmu
fisika, suara adalahbentuk energi yang dikenal sebagai energi akustik. Secara
khusus, mengacu pada rentang frekuensi yang dapat dideteksi oleh telinga
manusia – sekitar 20Hz to 20kHz. Frekuensi 20Hz merupakan nada suara terendah (bassiest) yang kita bisa dengar, dan
20kHz merupakan nada tertinggi yang kita bisa dengar. Audio juga berarti system
system perkaman atau penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi,
amplifier dan lain-lain.
Adapun format audio adalah sebagai berikut:
·
AAC = Advance audio codec
·
MP3
·
WMA = Windows Media Audio
·
Ogg
·
Real-audio
·
Wav
Pada proses
transmisi data audio terjadi 2 system yaitu encoder
dan decode, encoder dimana
sebelum dikirim suatu audio itu di compress dan
decoder itu dimana suatu audio
setelah diterima di tampilkan ke komputer dengan file asli tanpa kompres.
b. Image
(grafik)
Alasan untuk
menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah
karenalebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks. Gambar dapatmeringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara
yang baru dan lebih berguna.
c. Bunyi
(audio)
PC
multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi
dapat ditambahkandalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
d. Video
Video
menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Video merupakan sekumpulan gambar mati atau tidak bergerak yang dibaca secara berurutan sehingga bias
kelihatan seperti berjalan, kualitas video diukur dari FPS atau frame per
second, dimana 60fps itu berarti ada pembacaan 60 gambar dalam 1 sec, Semakin
besar ukuran fps suatu video semakin bagus dan halus video itu bergerak
Adapun format video adalah sebagai berikut :
·
Analog => NTSC dan PAL
·
Digital => Mpg, Mp4, Mkv, Avi, WMV
dll
e. Animasi
Dalam
multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak
padalayer.
f.
Virtual Reality
Virtual
reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan
secara langsung.
g. Plain Text
Merupakan jenis text yang paling dasar,
berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed
di dalamnya.
h. Rich Format Text
Rich
format text atau mungkin kita lebih populer dengan
rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena
telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana,
seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
i.
Hyper
Text
Hyper
text
diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
j.
Bersifat
linking
Dokumen satu mempunyai hubungan dengan
dokumen yang lain.
k.
Non
linear
Kita
bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat
populer saat ini:
·
HTML
Hyper
text markup language, kegunaannya:
-
control tampilan web
-
mendukung link
-
mampu menambah object
·
XML
-
extensible markup language, kegunaannya:
-
sederhana dan terstruktur
-
cepat dan portable
-
mudah di-maintenance
l.
Vector
Gambar yang
berbasis vector merupakan gambar yang
menggunakan rumus-rumus matematika sebagai dasar untuk menampilkan gambar.
Gambar dibentuk dari beberapa point. Dari beberapa point tersebut, diterapkan
rumus-rumus matematika yang dapat diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis
vector, ketika dizoom, gambar tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus
matematika yang variabelnya dapat diubah-ubah.
Kekurangan
dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat
realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file
yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
m.
Bitmap
Gambar bitmap
adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk pixel
(picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada resolusi
dan ketajaman warna.
Resolusi
merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam
ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap
pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
Software
Multimedia
- Viewing: Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
- Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia.(software scanner, capture, camdig)
- Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
- Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)
·
Contoh Software Image :
-
Adobe Photoshop
-
Adobe Premiere
-
Macromedia Freehand
·
Contoh Software Video :
-
Adobe Premiere
-
Videoshop
-
Avid Cinema
-
SGI MovieMaker
·
Contoh Software Animation :
-
Avid Softimage
-
Animated GIF
Teknologi multimedia erat kaitannya
dengan komputer, karena pada hakekatnya teknologi ini merupakan pendukung agar
sebuah komputer dapat berkomunikasi. Komunikasi elektronik
yang dikombinasikan dengan proses pengembangan dengan menempatkan suatu
pembelajaran dalam fasilitas suatu format yang pengintegrasiannya ke dalam
penstrukturan konten.
Multimedia
dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam
multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst.
Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video,
dan audio.
- Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut
- Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung
- Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia
- Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televise
- Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat
Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai/pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai/pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti
dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat
kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti
dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan
untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk
dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Pembahasan
dan penggunaan multimedia pada saat ini sudah sangat meluas dalam berbagai
bidang. Bidang-bidang yang mengaplikasikan multimedia meliputi bidang bisnis,
hiburan, kesehatan, pemerintahan dan pendidikan. Khusus bidang pendidikan aplikasi
multi media sebagai media pembelajaran harus dipahami oleh seorang guru dan
digunakan dalam pembelajarannya. Sedangkandi dunia bisnis dan kerja. di dunia
bisnis,multimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan
sebagai media promosi sebuah produk. pendidikan, multimedia dipakai sebagai
pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.
Referensi :
- Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1, April 2010, ISSN 1414-9999
- http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196601011991031-WAWAN_SETIAWAN/1._Inovasi_Pembelajaran.pdf
- http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf
- http://pandakris.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html
- http://www.va-media.com/forum/showthread.php?tid=1332
- http://novimarandi4ic03.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia_6450.html
- http://indogameiso.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-multimedia-audio-dan-video.html
- http://portal.unp.ac.id/module/e_sharing/file_upload/380615270910IntroductionMultimedia.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar