Sabtu, 23 Maret 2013

Konsep Dasar Multimedia


Konsep Dasar Multimedia Yang Meliputi:
Teori Multimedia
            Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau secara umum merupakan kombinasitiga elemen yaitu suara, gambar, dan teks atau kombinasi dari yang sedikit dua media inputatau outputdari data yang berupa audio (suara dan musik). Istilah multimedia berawal dari teater, bukankomputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukanmultimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard olehApplepada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak AudioVisual Connection (AVC) dan video adhapter card ps/2.

Pengertian Multimedia
            Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi,monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkanpenyajian audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
a.       Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen yaitu suara, gambar dan teks
b.      Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media inidapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar
c.       Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yangmengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video
d.      Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yangmemungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi

Tujuan Multimedia
a.       Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
b.      Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
c.       Merangsang panca indra karena bersifat visualisasi
d.      Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai pemula

Kelebihan Multimedia
            Dari berbagai media informasi, multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapatdigantikan oleh penyajian media informasi lainya.Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabunganantara pandangan, suara dan gerakan.

Komponen Multimedia
            Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia,seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :

 
Gambar Komponen Multimedia
 

a.       Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapatmembentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
           Audio berarti “suara” atau “reproduksi suara”. Dalam ilmu fisika, suara adalahbentuk energi yang dikenal sebagai energi akustik. Secara khusus, mengacu pada rentang frekuensi yang dapat dideteksi oleh telinga manusia – sekitar 20Hz to 20kHz. Frekuensi 20Hz merupakan nada suara terendah (bassiest) yang kita bisa dengar, dan 20kHz merupakan nada tertinggi yang kita bisa dengar. Audio juga berarti system system perkaman atau penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lain-lain.

Adapun format audio adalah sebagai berikut:
·         AAC = Advance audio codec
·         MP3
·         WMA = Windows Media Audio
·         Ogg
·         Real-audio
·         Wav
Pada proses transmisi data audio terjadi 2 system yaitu encoder dan decode, encoder dimana sebelum dikirim suatu audio itu di compress dan decoder itu dimana suatu audio setelah diterima di tampilkan ke komputer dengan file asli tanpa kompres.

b.      Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karenalebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapatmeringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.

c.       Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkandalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.

d.      Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
            Video merupakan sekumpulan gambar mati atau tidak bergerak yang dibaca secara berurutan sehingga bias kelihatan seperti berjalan, kualitas video diukur dari FPS atau frame per second, dimana 60fps itu berarti ada pembacaan 60 gambar dalam 1 sec, Semakin besar ukuran fps suatu video semakin bagus dan halus video itu bergerak
Adapun format video adalah sebagai berikut :
·         Analog => NTSC dan PAL
·         Digital => Mpg, Mp4, Mkv, Avi, WMV dll

e.       Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak padalayer.

f.       Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung.

g.      Plain Text
Merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.

h.      Rich Format Text
Rich format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.

i.        Hyper Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:

j.        Bersifat linking
Dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain.

k.      Non linear
Kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
·         HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
-          control tampilan web
-          mendukung link
-          mampu menambah object
·         XML  
-          extensible markup language, kegunaannya:
-          sederhana dan terstruktur
-          cepat dan portable
-          mudah di-maintenance
l.        Vector
Gambar yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point. Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat diubah-ubah.
            Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).

m.    Bitmap   
Gambar bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada resolusi dan ketajaman warna.
            Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar

Software Multimedia
  1. Viewing: Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD) 
  2. Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia.(software scanner, capture, camdig) 
  3. Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe) 
  4.  Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)

·         Contoh Software Image :
-          Adobe Photoshop
-          Adobe Premiere
-          Macromedia Freehand

·         Contoh Software Video :
-          Adobe Premiere
-          Videoshop
-          Avid Cinema
-          SGI MovieMaker

·         Contoh Software Animation :
-          Avid Softimage
-          Animated GIF

            Teknologi multimedia erat kaitannya dengan komputer, karena pada hakekatnya teknologi ini merupakan pendukung agar sebuah komputer dapat berkomunikasi. Komunikasi elektronik yang dikombinasikan dengan proses pengembangan dengan menempatkan suatu pembelajaran dalam fasilitas suatu format yang pengintegrasiannya ke dalam penstrukturan konten.
            Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video, dan audio.
  • Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut 
  • Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung 
  • Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia 
  • Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televise 
  • Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat

Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai/pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai/pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti
dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
            Pembahasan dan penggunaan multimedia pada saat ini sudah sangat meluas dalam berbagai bidang. Bidang-bidang yang mengaplikasikan multimedia meliputi bidang bisnis, hiburan, kesehatan, pemerintahan dan pendidikan. Khusus bidang pendidikan aplikasi multi media sebagai media pembelajaran harus dipahami oleh seorang guru dan digunakan dalam pembelajarannya. Sedangkandi dunia bisnis dan kerja. di dunia bisnis,multimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media promosi sebuah produk. pendidikan, multimedia dipakai sebagai pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.




Referensi :
  1. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1, April 2010, ISSN 1414-9999 
  2. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196601011991031-WAWAN_SETIAWAN/1._Inovasi_Pembelajaran.pdf
  3. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf 
  4. http://pandakris.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
  5. http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
  6. http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html
  7. http://www.va-media.com/forum/showthread.php?tid=1332
  8. http://novimarandi4ic03.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia_6450.html
  9. http://indogameiso.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-multimedia-audio-dan-video.html 
  10. http://portal.unp.ac.id/module/e_sharing/file_upload/380615270910IntroductionMultimedia.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar