Sabtu, 23 Maret 2013

Multimedia Untuk Aplikasi Umum

Penerapan Multimedia
Menurut Vaughan (2004, p4), aplikasi multimedia dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam:
1.      Bisnis
            Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, data base, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.

2.      Pendidikan
            Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar-mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar-mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.

3.      Rumah
            Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti: sega, nintendo, playstation, x-box dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
 
4.      Tempat-tempat umum
            Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang tedapat di dalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.

            Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti :

Multimedia dalam Informasi Access
            Aplikasi ini memberikan nuansa baru pada fasilitas pencarian informasi. Dengan aplikasi ini, pencarian informasi akan menjadi lebih lengkap karena disajikan dalam bentuk teks, grafik dan audio.
 
Multimedia dalam Penjualan
            Sekarang ini sudah banyak sekali penjualan yang diterapkan  dalam sistem multimedia, hal ini dapat dilihat dari penggunaan kios informasi di berbagai macam tempat, seperti airport, museum yang berisi produk-produk yang ditawarkan atau yang tersedia.

 

Multimedia dalam Bisnis

1.      Company Profile

2.      Presentasi Bisnis
3.      Simulasi atau demonstrasi produk dll

Multimedia dalam Pendidikan

1.      Media pembelajaran
2.      Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll

Multimedia dalam bidang Kesehatan

  1. Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
  2. Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
  3. Media penyuluhan kesehatan

Multimedia dalam bidang Keagamaan

  1. Ceramah agama di televisi dan radio
  2. Quran digital dengan gambar dan suara
  3. Doa dengan gambar dan suara
  4. Simulasi sholat dan wudhu

Multimedia dalam bidang Pembelajaran 
  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.2.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan kesekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll. 
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll 
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dan lain-lain. 
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dan lain-lain. 
  6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
 
Aplikasi multimedia pada Jaringan Internet
            Saat ini, jaringan data berbasis IP mengaplikasikan layanan-layanan multimedia, memungkinkan aplkasi-aplikasi yang baru di bidang multimedia. Cakupan aplikasi ini meliputi komunikasi suara dan gambar, serta teks (Chatting, IP Telephony, Videophone, Netmeeting), videoconferencing, entertainment, seperti game online dan melakukan tranksaksi jual beli melalui internet.

Aplikasi multimedia On-Line
            Dengan sebuah aplikasi WWW kita telah mendapat kelebihan yang berarti, kita dapat memulai perjalanan di internet dari sebuah antarmuka. Di sisi lain, seperti telah disebutkan, ada dokumen khusus yang hanya dapat digunakan (setidaknya secara penuh) melalui progran semacam itu. WWW (Word wide Web) memanfaatkan sepenuhnya kemungkinan yang dapat dilakukan dengan sebuah komputer multimedia.

Aplikasi pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
  1. Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik. 
  2. Dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT) dan Interent Based Training (IBT). Contoh : perusahaan AT&T 
  3. Menjadi media rekrutmen pegawai.





Referensi :
  1. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2009-2-00582-IF%20Bab%202.pdf
  2. http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html 
  3. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2009-2-00582-IF%20Bab%202.pdf 
  4. http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html 
  5. http://ebookbrowse.com/2011-1-00267-if-2-pdf-d423401980 
  6. Yoanes Bandung, Syahrial Hubbany dan Antonius Aditya hartanto, Teknologi Multimedia Over Internet Protocol. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta 2002. 
  7. Yoanes Bandung, Syahrial Hubbany dan Antonius Aditya hartanto, Teknologi Multimedia Over Internet Protocol. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta 2002.
  8. http://nurfitriani111.blogspot.com/2012/10/tugas-5-aplikasi-multimedia.html 
  9. http://fadacute.wordpress.com/2010/01/04/multimedia-pembelajaran-dan-aplikasinya/ 
  10. http://teguh-prasetio.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-aplikasi-multimedia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar