Penerapan Multimedia
Menurut
Vaughan (2004, p4), aplikasi multimedia dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam:
1.
Bisnis
Aplikasi
multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan,
demo produk, data base, catalog, instant
message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus
berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan-perusahaan dapat menjalani
bisnisnya lebih lancar.
2.
Pendidikan
Aplikasi
multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar-mengajar yang konvensional
menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar-mengajar tidak
terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada
umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan
membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang
tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat
mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
3.
Rumah
Aplikasi
multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang
menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga
mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia,
seperti: sega, nintendo, playstation, x-box dan sebagainya dimana semua
permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4.
Tempat-tempat umum
Aplikasi
multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang
terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan
sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya
kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau
sarana hiburan yang tedapat di dalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Melihat
pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah
kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari.
Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti :
Multimedia dalam Informasi Access
Aplikasi ini memberikan nuansa baru
pada fasilitas pencarian informasi. Dengan aplikasi ini, pencarian informasi
akan menjadi lebih lengkap karena disajikan dalam bentuk teks, grafik dan
audio.
Multimedia dalam Penjualan
Sekarang ini sudah banyak sekali
penjualan yang diterapkan dalam sistem
multimedia, hal ini dapat dilihat dari penggunaan kios informasi di berbagai macam
tempat, seperti airport, museum yang berisi produk-produk yang ditawarkan atau
yang tersedia.
Multimedia dalam Bisnis
1. Company Profile
2.
Presentasi Bisnis
3.
Simulasi atau demonstrasi
produk dll
Multimedia dalam Pendidikan
1.
Media pembelajaran
2.
Simulasi keilmuan seperti
menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll
Multimedia dalam bidang Kesehatan
- Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
- Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
- Media penyuluhan kesehatan
Multimedia dalam bidang Keagamaan
- Ceramah agama di televisi dan radio
- Quran digital dengan gambar dan suara
- Doa dengan gambar dan suara
- Simulasi sholat dan wudhu
Multimedia dalam bidang Pembelajaran
- Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.2.
- Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan kesekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll
- Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dan lain-lain.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dan lain-lain.
- Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Aplikasi multimedia pada Jaringan
Internet
Saat ini, jaringan data berbasis IP
mengaplikasikan layanan-layanan multimedia, memungkinkan aplkasi-aplikasi yang
baru di bidang multimedia. Cakupan aplikasi ini meliputi komunikasi suara dan
gambar, serta teks (Chatting, IP
Telephony, Videophone, Netmeeting), videoconferencing, entertainment,
seperti game online dan melakukan
tranksaksi jual beli melalui internet.
Aplikasi multimedia On-Line
Dengan sebuah aplikasi WWW kita
telah mendapat kelebihan yang berarti, kita dapat memulai perjalanan di
internet dari sebuah antarmuka. Di sisi lain, seperti telah disebutkan, ada
dokumen khusus yang hanya dapat digunakan (setidaknya secara penuh) melalui
progran semacam itu. WWW (Word wide Web)
memanfaatkan sepenuhnya kemungkinan yang dapat dilakukan dengan sebuah komputer
multimedia.
Aplikasi pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
- Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.
- Dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT) dan Interent Based Training (IBT). Contoh : perusahaan AT&T
- Menjadi media rekrutmen pegawai.
Referensi
:
- http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2009-2-00582-IF%20Bab%202.pdf
- http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html
- http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2009-2-00582-IF%20Bab%202.pdf
- http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html
- http://ebookbrowse.com/2011-1-00267-if-2-pdf-d423401980
- Yoanes Bandung, Syahrial Hubbany dan Antonius Aditya hartanto, Teknologi Multimedia Over Internet Protocol. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta 2002.
- Yoanes Bandung, Syahrial Hubbany dan Antonius Aditya hartanto, Teknologi Multimedia Over Internet Protocol. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta 2002.
- http://nurfitriani111.blogspot.com/2012/10/tugas-5-aplikasi-multimedia.html
- http://fadacute.wordpress.com/2010/01/04/multimedia-pembelajaran-dan-aplikasinya/
- http://teguh-prasetio.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-aplikasi-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar