Senin, 08 November 2010

Kependudukan


1. Pertumbuhan Penduduk dan Tingkat Pendidikan
            Di negara-negara yang anggaran pendidikannya paling rendah biasanya menunujukan angka kelahiran yang tinggi. Tidak hanya persediaan dana yang kurang, tetapi komposisi usia secara piramida pada penduduk yang berkembang dengan cepat juga berakibat bahwa rasio antara guru yang terlatih dan jumlah anak usia sekolah akan terus berkurang.
Pertambahan penduduk yang cepat, lepas dari pengaruhnya terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan, cenderung untuk menghadapai perimbangan pendidikan. Kekurangan fasilitas pendidikan menghambat program persamaan/perimbangan antara laki-laki dan wanita, pedesaan dan kota, dan antara bagian masyarakat yang kaya dan miskin. Pertambahan penduduk yang cepat menghambat perluasan pendidikan, juga mengarah pada apatisme di dunia yang kesulitan untuk mengatasinya.

2. Pertumbuhan Penduduk dan Kelaparan
            Semenjak periode 25 tahun terakhir ini dunia mulai menghadapi tiga masalah pangan ynag saling berkaitan dan menghawatirkan. Masalah-masalah tersebut adalah turunya konsumsi gandum per kapita, ketidak mampuan membangun kembali persediaan gandum dan meningkatnya ketergantungan dunia akan ekspor gandum Amerika Utara. Sementara itu penduduk dunia bertambah terus dengan hampir 70 juta per tahun.
            Beberapa faktor telah berpengaruh pada penurunan konsumsi gandum per kapita di dunia. Produksi terpaksa di kurangi karena biaya dan persediaan energi yang ketat, biaya produksi dan persediaan pupuk yang ketat, dan dimana persediaan kayu bakar sedikit, kotoran binatang yang mestinya digunakan sebagai pupuk, terpaksa dipakai sebagai bahan bakar pesediaan gandum yang merupakan standar jaminan pangan dunia makin lama makin berkurang.

Daftar Pustaka

                                                                                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar