Sabtu, 08 Januari 2011

LINGKUNGAN


A. Industri

1.      Masalah Lingkungan Dalam Pembangunan Industri
Tidak sedikit kawasan industri berada tidak jauh dari komplek perkampungan masyarakat yang mana mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif diantaranya yaitu lingkungan sekitar lebih maju misal kemudahan dalam ber-transportasi dan pendapatan masyarakat lebih tinggi. Sedangkan dampak negatifnya yaitu pencemaran limbah beracun, pencemaran polusi udara dan kebisingan. Di lihat dari segi negatifnya sudah sangat merugikan sekali bagi masyarakat sekitar yang mana bila dalam jangka waktu lama akan berdampak fatal bagi masyarakat sekitar, maka dari itu alangkah baiknya di adakan musyawarah antara pemilik perusahaan dengan masyarakat sekitar agar tidak terjadi konflik dan kedua belah pihak tidak ada yang saling dirugikan.

2.      Pembangunan Industri, Pertumbuhan Ekonomi dan Lingkungan Hidup
Dunia maju tidak jauh dari pembangunan industri apalagi dalam negara berkembang seperti indonesia maka dari itu dunia industri salah satu pendukung suatu negara karena tanpa adanya industri mungkin negara tersebut akan tertinggal oleh negara lain, karena dengan adanya industri dapat memajukan perekonomian masyarakat misalnya dapat mengurangi jumlah angka pengangguran agar manusianya lebih produktif. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri (ekspor) sehingga pertumbuhan ekonomi dapat tercapai. Dalam industri pun harus serasi dengan lingkungan sekitar kenapa demikian karena dalam industri tidak selalu memberikan dampak positif tapi juga dampak negatif maka dari itu harus diperhatikan cara mengelola pembuangan limbah industri agar tercapai lingkungan hidup yang aman dan tentram.


B. Pengolahan Air Limbah
 
1.   Sumber Air Limbah
              Dalam dunia industri biasanya terdapat limbah industri diantaranya air limbah, pembuangan asap dan kebisingan. Misalnya air limbah yang mana limbah ini dihasilkan dari sisa-sisa produksi yang berbahan dasar air yang tidak layak untuk di konsumsi yang bersumber dari industri besar maupun industri kecil (rumahan) yang kemudian dibuang disembarang tempat.

2.    Sifat Air Limbah
Sifat air limbah bermacam-macam tergantung dari apa yang di produksinya :
-                   Air limbah tidak berbahaya yaitu air limbah yang dalam produksinya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan, seperti : air limbah rumah tangga berasal dari bilasan cucian piring, sayuran, pakaian dan lain-lain.
-                   Air limbah berbahaya yaitu air limbah yang dalam produksinya menggunakan bahan kimia, seperti : air limbah industri batik dan pencucian material logam yang mana air dari bilasan pencucian tersebut dibuang begitu saja ke sungai terdekat yang dapat mencemari lingkungan sekitar dan membahayakan mahkluk hidup terutama bagi manusia. 


www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id
www.staffsite.gunadarma.ac.id
www.library.gunadarma.ac.id
www.baak.gunadarma.ac.id
www.v-class.gunadarma.ac.id









                                                                                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar