Senin, 27 Desember 2010

Pengolahan Air Limbah

1.     Sumber Air Limbah
   Dalam dunia industri biasanya terdapat limbah industri diantaranya air limbah, pembuangan asap dan kebisingan. Misalnya air limbah yang mana limbah ini dihasilkan dari sisa-sisa hasil produksi yang berbahan dasar air yang tidak layak untuk di konsumsi yang bersumber dari industri besar maupun industri kecil (rumahan) yang kemudian dibuang disembarang tempat. Air limbah ini banyak di jumpai pada kawasan industri besar yang biasa menggunakan air sebagai sarana pembersih yang di campur atau tidak dengan bahan kimia.

2.    Sifat Air Limbah
Sifat air limbah bermacam-macam tergantung dari apa yang di produksinya :
-    Air limbah tidak berbahaya yaitu air limbah yang dalam produksinya tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan, seperti : air limbah rumah tangga berasal dari bilasan cucian piring, sayuran, bilasan pakaian dan lain-lain.
-     Air limbah berbahaya yaitu air limbah yang dalam produksinya menggunakan bahan kimia, seperti : air limbah industri batik dan pencucian material logam yang mana air dari bilasan pencucian tersebut dibuang begitu saja ke sungai terdekat yang dapat mencemari lingkungan sekitar dan membahayakan mahkluk hidup terutama bagi manusia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar